Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 1 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir

Authors

  • Aliana Rohmatin Malik Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ade Akhmad Saputra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.37348/aksi.v2i3.441

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh besar dalam menerapkan  Manajemen pemasaran pendidikan di SD Negeri 1 Pemulutan menghadapi tantangan yang signifikan, termasuk keterbatasan akses informasi, persaingan dengan sekolah lain, kendala finansial, dan kurangnya keterlibatan komunitas, sehingga diperlukan strategi yang efektif untuk mempromosikan keunggulan sekolah, meningkatkan daya tarik bagi calon siswa, mengoptimalkan sumber daya, dan melibatkan berbagai stakeholder dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini dipilih karena memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam strategi manajemen pemasaran pendidikan di SD Negeri 1 Pemulutan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif, termasuk mentranskripsi, mengembangkan tema, dan menginterpretasi data. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi fenomena secara menyeluruh dan mendapatkan sudut pandang dari berbagai pihak yang terlibat hasil penelitian menunjukkan jika SD Negeri 1 Pemulutan telah menerapkan berbagai strategi pemasaran pendidikan, termasuk kegiatan terbuka, promosi melalui media sosial, dan kegiatan ekstrakurikuler, untuk meningkatkan daya tarik sekolah. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan anggaran dan persaingan dengan sekolah lain masih menjadi hambatan yang perlu diatasi dalam upaya memperkuat posisi sekolah di pasar pendidikan. Tantangan dalam implementasi manajemen pemasaran pendidikan ini meliputi keterbatasan anggaran, kurangnya pemahaman konsep pemasaran, persaingan yang ketat antara sekolah, dan ketidakpastian lingkungan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifi, S., & Susilo, M. E. (n.d.). Pengembangan komunikasi pemasaran sekolah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(3), 277–286.

Amin, A., & Alinur, A. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Sekolah di Mts Annurain Lonrae. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v12i2.2779

Aritonang, A. Y. (2020). Antisipasi Pandemi Covid-19, Tak Perlu Kurikulum Baru Pendidikan Tinggi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(2), 98–104.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Binjai No, J., Pekan Tanjung Pura, K., Tanjung Pura, K., Manajemen Pemasaran Dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ubudiyah Pangkalan Berandan Fifin Nurhaliza, S., & Syahputra, I. (2022). Yayasan Perima Peduli Riset & Pengabdian Masyarakat Kabupaten Langkat Jia: Jurnal Idarah At-Ta’Lim. 1(1), 42–52. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JIA

Fradito, A., Suti’ah, S., & Muliyadi, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203

Harsoyo, R., & Dian Sukmawati, A. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Madrasah Riset dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 1 Ngawi. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 61–77. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i1.648

HIDAYAT, A. R. A. (n.d.). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Iskandar, J. (n.d.). Penerapan Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24239/pdg.vol7.iss1.38

Muhammad Irfan Fauzi. (2023). Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 14–27. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i1.2416

Munir, M. (2018). Vol. 1, No.2, April 2018. 1(2), 1–37.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Sari, D. M., Ginanjar, M. H., & Heriyansah. (2020). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan Di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Bogor. Jurnal Staialhidayahbogor, 353–366.

Shobri, M., & Jaosantia, J. (2021). Manajemen Pemasaran Pendidikan Tinggi Islam. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management, 746–761. https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/aciem/article/view/652

Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (n.d.). Perilaku Konsumen: Strategi Dan Teori. Iocs Publisher.

Tjiptono, F. (n.d.). Strategi pemasaran. Andi Offset. Tutuk, N.

Tutuk, N. (n.d.). Implementasi pendidikan karakter.

Ulum, M. I. F. T. A. C. H. U. L. (N.D.). Konsep Pemasaran Lembaga Pendidikan Dalam Pandangan Syariah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(2).

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Rohmatin Malik, A., & Akhmad Saputra, A. (2024). Strategi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 1 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 164-172. https://doi.org/10.37348/aksi.v2i3.441

Issue

Section

Articles