Author Guidelines

Berikut panduan bagi Penulis sebelum mengirimkan artikel ilmiah ke Cendekia: Jurnal Stuudi Keislaman, sebagai berikut:

1. Penyerahan naskah menunjukkan bahwa makalah tersebut belum pernah diterbitkan di jurnal lain.
2. Semua makalah akan diakui dan direferensikan.
3. Untuk keperluan review, makalah harus disiapkan dengan cara sebagai berikut:
Sebuah. Makalah harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
b. Makalah ini dalam format doc.
c. Spasi tunggal diperlukan.
d. Jumlah halaman adalah 15 sampai 25 kertas surat.
e. Marginnya adalah 3 cm dari margin cermin ke kiri, kanan, atas dan bawah kertas.
f. Ukuran font untuk teks adalah Times New Roman 11 poin, kecuali judulnya yaitu Times New Roman 18 poin, dan abstraknya miring 11 poin Times New Roman.
g. Halaman-halamannya adalah kolom tunggal.
h. Nama dan alamat email penulis, serta afiliasi penulis dan alamat mereka, harus ditulis di bawah judul.
saya. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris tetapi tidak lebih dari 200 kata. Kata kunci mengikuti abstrak.
j. Makalah ini harus berisi bagian umum yang digunakan untuk makalah ilmu komputer, seperti (untuk informasi lebih rinci, silakan lihat pedoman penulisan):
1) Pendahuluan, yang memuat masalah dan masalah yang akan dipecahkan, studi tentang publikasi sebelumnya yang terkait dan relevan
2) Metode penelitian, yang meliputi analisis, desain, dan implementasi
3) Hasil dan pembahasan, yang meliputi hasil eksperimen atau simulasi dan analisis kritis hasil eksperimen.
4) Kesimpulan, yang meliputi temuan utama
5) Pekerjaan Mendatang, bagian ini opsional.
6) Ucapan Terima Kasih, bagian ini bersifat opsional. Jika ada, sebaiknya ditujukan kepada pihak-pihak yang mendukung penelitian seperti lembaga pendanaan penelitian
7) Referensi harus ditulis menggunakan format IEEE [dengan url].
Komposisi referensi yang digunakan harus terdiri dari 80% referensi primer (jurnal, prosiding) dan maksimal 20% referensi sekunder (buku teks) yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir dan setiap artikel minimal memiliki 10 referensi. Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lain harus melampirkan sumber referensi, referensi ditulis dengan format sistem IEEE (dengan URL). Setiap referensi yang dikutip ditulis menggunakan nomor yang ditempatkan di awal atau akhir kalimat. Penggunaan sistem IEEE (dengan URL) yang konsisten diperlukan dalam penulisan referensi. Referensi disusun menurut urutan tampilan dalam teks. Disarankan untuk menggunakan aplikasi software untuk mengelola referensi dan bibliografi, baik aplikasi gratis (misal: Mendeley, Zotero, RefWorks) maupun aplikasi berbayar (misal: Endnote, Reference Manager).

Editor memiliki hak untuk mengedit makalah tanpa mengubah gagasan utama makalah.
Tidak ada biaya halaman.
Naskah harus diserahkan secara online.
Penulis dapat mengunjungi website jurnal ini pada alamat URL: https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia
Format file template bisa dari https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/download
Biaya publikasi akan dibebankan kepada penulis pertama.

Panduan untuk Pengiriman Online
Penulis harus terlebih dahulu mendaftar sebagai Penulis dan ditawarkan sebagai Reviewer melalui alamat berikut: https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/user/register Penulis harus mengisi form secara detail mungkin di mana bentuk tanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua textbox form terisi, Penulis klik tombol Register untuk melanjutkan registrasi. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke antarmuka pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik Penyerahan Baru. Di bagian Start, a New Submission, klik Click Here: untuk melanjutkan ke langkah pertama dari proses pengiriman lima langkah. Berikut adalah lima langkah dalam proses pengiriman online:

Langkah 1 - Memulai Pengajuan: Penulis harus memberi tanda centang pada daftar periksa pengajuan. Seorang penulis harus mengetik atau menyalin-tempel surat lamaran ke Komentar untuk Editor.
Langkah 2 - Mengunggah Kiriman: Untuk mengunggah manuskrip ke jurnal ini, klik Browse pada item Unggah file kiriman dan pilih file dokumen manuskrip (.doc / .docx) yang akan diserahkan, lalu klik tombol "Unggah" hingga file memiliki telah diunggah.
Langkah 3 - Memasukkan Metadata Pengiriman: Pada langkah ini, metadata penulis detail harus dimasukkan termasuk penulis yang sesuai yang ditandai. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diupload dengan cara copy teks dan paste di textbox termasuk kata kuncinya.
Langkah 4 - Mengupload File Tambahan: File tambahan harus diupload termasuk Covering / Submission Letter. Oleh karena itu, klik tombol Browse, pilih file, lalu klik tombol Upload.
Langkah 5 - Mengkonfirmasi Pengiriman: Penulis harus memeriksa dokumen naskah yang diunggah pada langkah ini. Untuk mengirimkan