PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013: Studi Analisis Berdasarkan Paradigma Positivistik

Nur Kholifah

Sari


Abstract: This study reviews the scientific approach of Pendidikan Agama Islam and Budi Pekerti Kurikulum 2013, based on scientific paradigm of positivistic, proposed by Auguste Comte. The results of this study reveal that the scientific approach in the curriculum 2013 is done through some steps: to observe, to question, to reason, to associate and to communicate. This scientific approach is relevant to the positivistic paradigm. The theory stems from the emergence of legal positivism of Law of Three Stages by Auguste Comte. It states that historical development of human thought has evolved in three stages, namely theological or fictitious, metaphysical or abstract, and positive or scientific or real. Thus, according to this approach, if scientific approach is applied in Pendidikan Agama Islam and Budi Pekerti Kurikulum 2013 in the aspect of Aqidah, it becomes less relevant. However, the aspect of Jurisprudence, Morality, Al-Quran Hadith, and Islamic Cultural History, the scientific approach is very appropriate to be applied into the learning process.

 

Keywords: PAI, Character Education, Positivistic Paradigm.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adian, Donny Gahral. Percik Pemikiran Kontemporer: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra, 2005.

Adib, Mohammad. Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Ahid, Nur. “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah dan Madrasah (Konsep Fakta dan Tantangan)”, Makalah disampaikan pada acara Seminar Nasional yang diselenggarakan Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, tanggal 3 Nopember 2015.

Andayani, Problematika dan Aksioma: dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Bakhtiar, Amsal. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Comte, Auguste, dalam http://id.wikipedia.org/wiki/August_Comte, diakses pada 4 Maret 2016.

Comte, Auguste. A General View of Positivism, terj. J. H. Budges dari edisi Prancis: Discours sur L’ensemble du Positivisme. Iowa: Brown Reprints, 1971.

Comte, Auguste. The Positive Philosophy of Auguste Comte Volume 1, Terj. Harriet Martineau. Kitchener: Batoche Books, 2000.

Dahlan, Ahmad Hakikat Scientific Approach atau Pendekatan Saintifics, dalam http://www.eurekapendidikan.com/2015/09/hakikat-scientific-approachatau.html, diakses tanggal 14 Maret 2016.

Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln. Handbook of Qualitative Research, terj. Dariyanto dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008), 1332.

Dodi, Limas. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar dari Berfikir, Agama, Sosial, Politik, Hingga Ekonomi. Azhar Risalah: t.tp, 2014.

Fadlillah, M. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Hadiwijono, Harun. Sari Sejarah Filsafat Barat 2. Yogyakarta: Kanisius, 1983.

Hamersma, Harry. Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Hidayat, Sholeh Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMP Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2013.

--------. “Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.”

--------. “Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi.”

--------. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum”. Jakarta: 2013.

--------. Pendidikan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, 2013.

Maliki, Zainudin. Sosisologi Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2008.

Marsigit, “Pendekatan Saintifik dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013” dalam https://www.academia.edu/18319458/Pendekatan_saintifik_dan_Penerapannya_dalam_Kurikulum_2013, diakses tanggal 15 April 2016.

Muhadjir, Noeng. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011.

--------. Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama. Yogyakarta: Bayu Indra Grafika, 1998.

Muslih, Mohammad. “Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Ilmu”. Hunafa: Jurnal Studia IslamikaVol. 8, No.1, 2011.

--------. Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar, 2006.

--------. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar, 2008.

Pusat Bahasa. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Online”. dalam http://kbbi.web.id/dekat, diakses tanggal 15 Maret 2016..

Rahmat, Aceng. Filsafat Ilmu Lanjutan. Jakarta: Kencana, 2011.

Rahmawati, Selly dan Sunarti. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi, 2014.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta, 2009.

Rosidin. Epistemologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2013.

Rusliana, Iu. Filsafat Ilmu. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Sa’adillah, Rangga dan Kusaeri “Telaah Epistemologis Pendekatan Saintifik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman Volume 9 Nomor 2 Maret 2015.

Salim, Agus. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial (Pemikiran Norman K.Denzin& Egon Guba dan Penerapannya). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2001.

Suhartono, Suparlan. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2005.

Suriasumantri, Jujun S. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Gramedia, 1982.

--------. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2009.

Sutoyo, dkk. Religiousitas Sains. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2010.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Ilmu (Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012

Veeger, K.J. Realitas Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Copyright © 2015 - STAI Hasan Jufri Bawean