Strategi Bisnis Pengusaha Tengkulak Ikan Di Desa Dekatagung

Authors

  • Abdul Hafidz STAI Hasan Jufri Bawean
  • Ainun Barakah STAI Hasan Jufri Bawean
  • Siti Musfiroh STAI Hasan Jufri Bawean

DOI:

https://doi.org/10.37348/jurisy.v2i2.223

Keywords:

Strategi, Bisnis, Tengkulak Ikan

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana bisnis tengkulak ikan di desa Dekatagung. 2) Mengetahui bagaimana strategi bisnis tengkulak ikan di desa Dekatagung. 3) Mengetahui hambatan dan tantangan tengkulak ikan di Desa Dekatagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bisnis tengkulak ikan merupakan salah satu usaha yang ditekuni oleh sebagian masyarakat desa Dekatagung secara turun temurun sejak tahun 1990-an. Bisnis ini tergolong kedalam jenis bisnis kemitraan. 2) Adapun strategi yang dilakukan oleh pengusaha tengkulak ikan di desa Dekatagung sebagai berikut: a. memberikan pelayanan yang ramah terhadap pelanggan, b. menetukan harga yang bersaing, c. mempercepat pembayaran, d. tidak mebeda-bedakan pelanggan, e. jujur dan tidak melakukan tindak kecurangan, f. membantu pelanggan menyiapkan akomodasi yang dibutuhkan untuk menagkap ikan. 3) Adapun hambatan dan tantangan yang dihadapi para pengusaha tengkulak ikan adalah sebagi berikut: a. cuaca buruk, b. hasil tangkapan ikan dari nelayan tidak banyak, c. terlambatnya supplayer dalam mengirim uang, d. minimnya modal, e. banyaknya kegiatan di masyarakat sehingga menghambat nelayan untuk menangkap ikan, f. kurangnya stok es batu.

References

Apriadi Deni, Arie Yandi Saputra, “E-Commerce Berbisnis Market place Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian”, Jurnal Resti (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), Vol.1 No. 2 (2017), 133.

Djuwaini Dimyauddin, Pengantar Fiqh Muamalah (Yogyakarta:Pustaka Pelajar,2010), 128

Firmansyah M. Anang, Pemasaran Dasar dan Konsep (Pasuruan: Qiara Media, 2019), 45-46

Giyarto, Sumber daya alam dan pemanfaatannya (Klaten: Sakamitra kompetensi, 2015), 22.

Hamari Arif Yusuf. Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan (Jakarta : Prenadamedia Grup, 2016), 1

http://www.definisi menurut para ahli.com/pengertian-tengkulak, diaksespada tanggal 27 Desember 2020

Mukammal Asrori, “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nelayan Desa Dekat Agung Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2017), 2-3.

Suwarso, “Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi dan Minat Wirausaha”, Jurnal Manajamen dan bisnis Indonesia, vol. 4 No. 2 (Desember, 2018), 99.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung:Alfabeta,2010), 15.

Westriningsih, Mengenal Kegiatan Distribusi, (Klaten: Cempaka Putih, 2018), 5.

Downloads

Published

2022-12-30